Notice: Undefined offset: 2 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120

Notice: Undefined offset: 1 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120
2015-02-06 02:22:32 Admin

Untuk membantu masyarakat mempermudah memeproleh akses kebutuhan pokok masyarakat dan kebutuhan lain menjelang Hari Lebaran, Pemprov Jawa Tengah melalui Badan Ketahanan Pangan  menggelar pasar murah  terutama bagi masyarakat kurang mampu dengan harga terjangkau.
Kegiatan yang bertajuk Pasar Murah Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) pada Jumat, 11 Juli 2014 bertempat di halaman Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah. Sejak pagi ratusan warga sudah memadati stand yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula pasir, hingga pakaian jadi. Selain itu, juga disediakan paket khusus bagi warga miskin yang diberikan secara gratis dan dijual dengan harga subsidi pemerintah. Penyelenggaraan pasar murah Ramadhan ini sengaja diadakan setelah Pemilihan Presiden (Plipres) 2014. Hal ini sesuai dengan instruksi Mendagri untuk tidak menyelenggarakan bazaar dan pasar murah sebelum pelaksanaan Pilpres pada 9 Juli 2014 lalu.

Acara dibuka oleh Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat, Ir. Djoko Sutrisno, M.Si mewakili Plt Sekda Provinsi Jawa Tengah, dalam sambutannya mengapresiasi ,kegiatan pasar murah yang dilaksanakan tiap tahun sejak tahun 2010 oleh BKP Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, mengingat ketersediaan pangan di Jawa Tengah tergolong lebih dari cukup, masyarakat dihimbau tidak perlu belanja berlebihan karena akan memicu peningkatan harga dan Inflasi.

Menurut Kepala Badan Ketahanan Pangan, Ir. Gayatri Indah Cahyani, MSi, “Pasar murah yang merupakan agenda rutin yang diselenggarakan pada saat bulan Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tahun ini, penyelenggaraannya dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal 11 Juli 2014 dan 22 Juli 2014 bertempat di Kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.”
Pada pasar murah tahap 1 yang dilaksanakan tanggal 11 Juli 2014, diikuti 83 stand baik pangan maupun non pangan, lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 50 stand dengan melibatkan beberapa SKPD lingkup Provinsi Jawa Tengah, kelompok binaan BKP serta pengusaha pangan dan non pangan.

Menurut ketua penyelenggara, Ir. H. Soenarno, MS, “Pada pasar murah kali ini disediakan paket gratis bagi warga kurang mampu di sekitar lingkungan Kantor BKP berupa beras 3 kg, 1 liter minyak goreng dan 1 kg gula sebanyak 150 paket. Sedangkan bagi warga kurang mampu yang tidak mendapat paket gratis, dapat  membeli paket sembako, dengan menggunakan kupon. Satu paket sembakonya berisi 1 Kg beras, 1 liter minyak goreng dan 1 Kg gula pasir. Satu paket itu dibeli seharga Rp. 45.000,00 (subsidi Rp. 22.500/paket), yang tentunya lebih murah dari harga pasar”.