Notice: Undefined offset: 2 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120

Notice: Undefined offset: 1 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120
2015-11-04 12:50:34 Jona Admin Website BKP Jateng

DESA MANDIRI PANGAN

Kegiatan Demapan merupakan: (1) salah satu strategi untuk mempercepat pembangunan di perdesaan, khususnya dalam memantapkan ketahanan pangan; (2) kegiatan lintas sektor yang dalam pelaksanaannya memerlukan keterlibatan dan sinergitas antar instansi dan stakeholder terkait; dan (3) wujud integrasi pengembangan program pembangunan dari pusat, propinsi, dan kabupaten di pedesaan. Kegiatan Desa Mandiri Pangan dilaksanakan di desa-desa terpilih yang mempunyai rumah tangga miskin dan beresiko rawan pangan dan gizi, dengan dasar pemilihannya adalah FIA 2005/FSVA 2009 dan Desa rawan pangan, dengan jumlah RTM (Rumah Tangga Miskin) lebih dari 30 % dari jumlah KK berdasarkan hasil survey Data Dasar Rumah Tangga (DDRT).

Komponen kegiatan yang dilakukan, melalui pedekatan : pemberdayaan masyarakat, penguatan kelembagaan, pengembangan sistem ketahanan pangan dan dukungan saranan prasarana desa melalui koordinasi lintas sektor dalam wadah Dewan Ketahanan Pangan. Kegiatan dilaksanakan secara berjenjang tingkat provinsi dan kabupaten untuk melakukan pembinaan pada desa-desa pelaksana. Perencanaan di tingkat desa dilakukan secara partisipatif, dengan melibatkan Tim Pangan Desa (TPD), penyuluh, kelompok kerja kabupaten, dan pendamping sebagai fasilitator, serta Lembaga Pembangun Desa (LPD), Kepala Desa dan Kaur Pembangunan, aparat, serta tokoh masyarakat.

Hasil yang diperoleh selanjutnya diintegrasikan dengan berbagai program pembangunan yang telah disusun ditingkat desa. Perencanaan pembangunan desa merupakan upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan serta pembangunan sarana dan prasarana penunjang, yang dilakukan berdasarkan hasil base line surveydan PRA. Melalui kegiatan Desa Mandiri Pangan yang dilaksanakan selama 4 (empat) tahun (tahap persiapan, penumbuhan, pengambangan dan kemandirian) diharapkan masyarakat desa mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi sehingga dapat menjalani hidup sehat dan produktif dari hari ke hari.

PENGERTIAN

Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yangdiolah maupun tidak, diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsimanusia termasuk bahan tambahan pangan, bahan baku pangan dan bahan lain yangdigunakan dalam proses penyiapan, pengolahan atau pembuatan makanan danminuman.

Desa  yang disebut dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 diartikan sebagaikesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah, berwewenanguntuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.3.

Mandiri  Pangan diartikan sebagai upaya pemenuhan kebutuhan yang dapatdicukupi oleh kemampuan sumberdaya yang dimiliki, dilihat dari bekerjanyasubsistem ketersediaan, subsistem distribusi dan subsistem konsumsi pangan.4.

Desa Mandiri Pangan   adalah desa/kelurahan yang masyarakatnya mempunyaikemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizimelalui pengembangansubsistem ketersediaan, subsistem distribusi, dan subsistem konsumsi pangandengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan.

Desa Mandiri Pangan adalah desa yang masyarakatnya mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui  pengembangan subsistem ketersediaan, subsistem distribusi, dan subsistem konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan.

TUJUAN

Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Gizi (mengurangi kerawanan pangan dan gizi)  masyarakat melalui pendayagunaan sumberdaya, kelembagaan dan budaya lokal di perdesaan

SASARAN

Terwujudnya ketahanan pangan dan gizi tingkat desa yang ditandai dengan berkurangnya tingkat kerawanan pangan dan gizi.

LOKASI

Desa rawan pangan yang merupakan titik-titik potensi penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia (daerah dan nasional).

KELOMPOK SASARAN

Rumah Tangga Miskin