07 09:14:54 MARET 2018 Admin PPID Dishanpan

Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah Tahun 2018, pada tanggal 5 Maret 2018 di Ruang Sidang Dishanpan. Pelaksanaan Forum ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, RPJPD, RPJMD dan RKPD, dimana Forum Perangkat Daerah harus dilaksanakan di masing-masing Perangkat Daerah dengan berkoordinasi dengan Bappeda.


Maksud Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah antara lain memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan Renja PD. Sedangkan tujuan dari Forum Perangkat Daerah: menyelaraskan program dan kegiatan antar PD, nasional, dan kabupaten/kota; mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan sesuai tusi PD dengan memperhatikan rancangan awal RKPD; serta menyelaraskan pendanaan.


Narasumber dalam Forum tersebut adalah Dr. Ferry Firmawan, ST., MT. – Anggota Komisi B DPRD Prov. Jateng, Prof. Dr. Ir. Sony Heru Prayitno, MM. – UKSW Salatiga dan dari Bappeda Prov. Jateng Sri Supadmi Rahayu, SP., MM. Sedangkan peserta yang hadir, yaitu dari OPD terkait (Distanbun, Disnak Keswan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Disperindag, PU SDA Taru, BPKAD, Biro ISDA), unsur lain : BBPOM, Perusda CMJT, Bank Indonesia, dan Yayasan Jateng Berdikari.





Forum dilaksanakan menjadi 3 sesi, yaitu Pleno I, Sidang Kelompok (dibagi menjadi 5 kelompok pembahasan: Ketersediaan, Distribusi, Konsumsi, Keamanan dan Sistem Logistik Pangan Daerah), dilanjutkan Pleno II untuk pembacaan hasil diskusi. Adapun output dari Forum Perangkat Daerah yaitu Berita Acara Kesepakatan Rencana Kerja Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019, yang diwujudkan dalam Program/Kegiatan.