23 15:33:58 DESEMBER 2015 Jona Admin Website BKP jateng

Jakarta - 21 Desember 2015 . Presiden Joko Widodo menyerahkan secara langsung Penghargaan APN  Tahun 2015 di Istana Negara . Penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara ( APN ) Tahun 2015 telah di tetapkan dengan Keputusan Menteri Pertanian RI No.680/Kpts/KP.590/12/2015 tanggal 2 Desember 2015, dengan jumlah penerima penghargaan sebanyak 75 Orang , terdiri dari petani , nelayan , pelaku usaha dibidang pangan , tokoh Masyarakat , Kepala Desa dan Pemimpin Daerah ( Gubernur dan Bupati )

Di Penghujung Tahun 2015 , Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memperoleh Lima Penghargaan di bidang Pangan, ini menjadi kebanggan tersendiri bagi Provinsi Jawa Tengah terutama di bidang Pangan , Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko Msi di dampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah , bersama para penerima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Provinsi Jawa Tengah hadir pada acara ini , Kelima Penghargaan yang berhasil diraih yaitu sebagai berikut :

  1. H Ganjar Pranowo SH MIP , Gubernur Jawa Tengah , kategori Pembina Ketahanan Pangan Tingkat Provinsi ;
  2. H Haryanto SH MM MSi , Bupati Pati ,  kategori Pembina Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten ;
  3. Gapoktan Harapan Makmur (Ketua Mulyoto) Desa Kuwu, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak kategori Pelaku Pemberdayaan ;
  4. Kelompok Mutiara Baru (Ketua H Muhrodi SE) Desa Plumbon, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen,  kategori Pelaku Industri ; dan
  5. Dyah Prabantari Penyuluh Pertanian Lapangan THL-TBPP WKPP Desa Bendo Kecamatan Pantirejo Kabupaten Sragen kategori Pelayanan Penyuluh

Penghargaan kepada Gubernur diserahkan Presiden RI Ir H Joko Widodo melalui Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko Msi. Hadiah yang diberikan  untuk Kategori Pembina Ketahanan Pangan ( Gubernur dan Bupati/Walikota ) berupa sertifikat dan Trophy, sedangkan untuk kategori yang lain , Hadiah berupa Sertifikat , trophy dan Uang Pembinaan.

Penghargaan APN 2015 diberikan atas inovasi dan kreasi masyarakat dan kepala daerah yang berhasil memperkuat ketahanan pangan di tingkat keluarga, regional, serta nasional. Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jawa Tengah Ir Whitono MSi didampingi Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jawa Tengah Drs Sinoeng N Rachmadi MM menambahkan, di bidang ketahanan pangan, Gubernur Ganjar Pranowo selaku pembina telah melakukan berbagai hal luar biasa dalam mendukung ketahanan pangan di provinsi ini. Antara lain, melakukan peningkatan produktivitas melalui penggunaan varietas unggul dan sistem jajar legowo, optimalisasi luas panen melalui efisiensi budidaya dan pascapanen, perbaikan manajemen pertanian melalui gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (GPPTT) dan pendampingan maupun penguatan kelembangaan tani, serta regulasi harga pangan melalui pengaturan tata niaga kedelai dan jaminan harga.

“Keberhasilan Bapak Gubernur dalam melakukan pembinaan di Jawa Tengah tidak lepas dari perannya selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah yang selalu terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung upaya pengelolaan pangan dan perbaikan gizi masyarakat,” ungkapnya.