20 11:59:14 MARET 2018 Admin PPID DISHANPAN

Pati  Isu keamanan pangan menjadi perhatian penting bagi dunia internasional. Terjadinya kasus pangan di suatu negara akan menjadi isu global seiring semakin cepatnya arus informasi.  Keberadaan perangkat digital (smartphone) dan akses internet yang terjangkau membuat berbagai kalangan masyarakat dapat memperoleh informasi dengan cepat dan mudah. Penyebaran informasi pada saat ini tidak bisa dipisahkan dari semakin eksisnya penggunaan media sosial. Media sosial berupa jejaring sosial berkembang sangat masif menjadi sumber informasi yang paling banyak diakses oleh masyarakat apalagi di kalangan anak jaman now.


Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggaran kegiatan Pelatihan Edukasi Mutu dan Keamanan Pangan Angkatan I Tahun 2018 di Kabupaten Pati. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMA/SMK sebagai kader terpilih dari sekolahnya tentang mutu dan keamanan pangan.  Peserta angkatan I terdiri dari 100 siswa yang berasal dari 5 SMA dan 5 SMK di wilayah Pati.


Dalam sambutannya, Kadishanpan yang diwakili oleh Kabid Keamanan Pangan, Ir.Suranto, M.Si  menyampaikan bahwa kondisi ketersediaan pangan dalam keadaan cukup, harga terjangkau. Saat ini, tengah dikampanyekan pengurangan konsumsi beras dan peningkatan konsumsi buah, sayur, ikan dan pangan hewani lainnya.   


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber dan diskusi. Paparan pertama disampaikan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kab.Pati, Dr. Joko Subiyono, dilanjutkan Muhtadi, Kelompok Rajendra Farm Kabupaten Pati dan M. SAHID, Kelompok Tani Subur Kabupaten Pati.  Selain itu, dilakukan praktek pembuatan hidroponik sayuran dan pengujian pestisida pada beberapa komoditas sayur dan buah dengan metode uji cepat (Rapid Test Kit).

Pada akhir kegiatan diinformasikan media sosial yang bisa diakses oleh kader muda Dishanpan Twiter :  dishanpan_jtg, IG : Dishanpan, Fb: Dishanpan Jateng.