17 MARET 2016

Dinas Pertanian, Kehutanan dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Utara mengadakan  Kunjungan  di Provinsi Jawa Tengah dalam rangka  Pembelajaran tentang Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)  di Provinsi Jawa Tengah pada hari Selasa hingga Kamis tanggal 15-17 Maret 2016. Rombongan berjumlah 20 orang yang terdiri atas petugas, penyuluh pendamping dan ketua kelompok wanita penerima bantuan. Kunjungan diterima oleh Kepala Bidang Ketersediaan Pangan, Ir. Sadi, M.Si di ruang sidang BKP Provinsi Jawa Tengah yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kelompok P2KP binaan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah sejak Tahun 2010 telah mencapai jumlah 2495 kelompok yang terdiri dari 1770 kelompok yang berasal dari anggaran APBN dan 725 kelompok yang berasal dari anggaran APBD. Jumlah lokasi KRPL telah mencapai angka 29,35 % dari 8500 desa yang ada di Jawa Tengah.

Selain itu keberhasilan program P2KP di Jawa Tengah juga telah diakui secara nasional. Terbukti dari adanya penghargaan Kementerian Pertanian pada kelompok P2KP diantaranya KWT Melati di Desa Semin Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri yang berhasil mendapat penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2012, KWT Melati di Desa Wonogiri Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang yang mendapat Penghargaan Ketahanan Pangan Nasional Tahun 2013, KPK Tri Usaha di Desa Mertasinga Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap yang mendapatkan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2014. Selain itu, berkat keberhasilan KRPL di Kabupaten Batang dijadikan lokasi percontohan Program Vegetables Go to School AVRDC untuk anak Sekolah Dasar.


Setelah diterima di kantor Badan ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, rombongan juga  melakukan pembelajaran secara langsung ke lokasi KRPL diantaranya KWT Sasmito Tani di Desa Bendo Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen, pemenang Adhikarya Pangan Nusantara tingkat Provinsi Jawa Tengah 2015 dan KWT Melati di Desa Wonogiri Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang. Selain itu, pembelajaran juga dilakukan di lokasi hidroponik di Kota Semarang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam melakukan budidaya pertanian di lahan sempit dengan sistem hidroponik mengingat sebagian besar lahan yang dijadikan lokasi KRPL Provinsi Kalimantan Utara berada di wilayah perkotaan.