06 02:32:18 FEBRUARI 2015 Admin

Pada hari Rabu tanggal 10 September 2014, Bapak Gubernur Jawa Tengah didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah (Ir. Gayatri Indah Cahyani,MSi) dan Eselon 1 Kementrian Pertanian, Menko Perekonomian, Kementrian ESDM, dan Bappenas melakukan kunjungan kerja di lokasi Desa Mandiri Pangan di Desa Madukoro, Kec. Kajoran, Kab. Magelang.

Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk melihat lebih dekat keberhasilan Desa Mandiri Pangan dan menindaklanjuti hasil dari lomba tingkat internasional bahwa Desa Mandiri Pangan telah ditetapkan sebagai Pemenang AGFUND PRIZES 2012 oleh Committe of AGFUND International Prizes for Pioneering Human Development Project. Bapak Gubernur Jawa Tengah pada acara tersebut memberikan secara simbolis dana penghargaan sebesar US$ 50.000 senilai Rp 547.938.500,- dari AGFUND (Arab Gulf Programme For Development) kepada Kelompok Tani Desa Madukoro.

Bapak Gubernur Jawa Tengah sangat terkesan dengan kegiatan yang telah dilakukan oleh Kelompok afinitas Desa Mandiri Pangan, Adapun kegiatan usaha yang dilaksanakan oleh kelompok afinitas DMP di desa Madukoro adalah usaha peternakan kambing dan kolam ikan dari dana bansos APBN sebesar Rp. 25 juta pada tahun 2011 untuk membeli kambing 16 ekor. Pada saat ini telah berkembang menjadi 128 ekor dan usaha perikanan sebanyak 70 unit kolam.

Selanjutnya kegiatan Desa Mandiri Pangan tersebut oleh Bapak Gubernur Jawa Tengah dicanangkan menjadi Desa Model Penyuluhan Terpadu, karena di lokasi tersebut terdapat berbagai usaha kelompoktani seperti : Peternakan, Perikanan, Kehutanan, Olahan pangan, dll sehingga pembinaan dan adopsi teknologi bisa lebih efektif dan efisien.

Dari hasil perkembangan usaha kelompok berupa ternak kambing, budidaya ikan, olahan pangan, lumbung pangan, olahan pangan lokal dan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga., telah dapat dirasakan manfaatnya. Terlihat adanya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan setiap anggota kelompok yang semula berpenghasilan Rp 320 ribu/bulan menjadi Rp 990 ribu/bulan diikuti dengan meningkatnya kualitas pangan dan gizi masyarakat.