Notice: Undefined offset: 2 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120

Notice: Undefined offset: 1 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120
2017-05-30 09:02:59 Jona Admin Website DISHANPAN J

( Semarang , 16 Mei 2017 ) Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, menyelenggarakan Kegiatan Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal dengan Tema ”Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal” Tingkat Provinsi Tahun 2017 , Kegiatan  ini bertempat di Gedung Wanita Semarang Jl. Sriwijaya No. 29  Semarang, pada hari Selasa 16 Mei 2017, Kegiatan ini dihadiri oleh  Wakil Gubernur Jawa Tengah (Bapak Drs. H. Heru Sudjatmoko, M.Si. mewakili Bapak Gubernur dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah (Ibu Hj. Atikoh Ganjar Pranowo), OPD Provinsi Jawa Tengah dan Instansi terkait, Dinas yang menangani Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, Perhotelan  serta Organisasi Wanita. Kegiatan ini diawali dari Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan oleh Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota setempat


 
 

Tujuan diselenggarakannya Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal dengan Tema ”Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal” adalah untuk :

1)     Meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

2)     Mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, menu B2SA berbasis sumber daya lokal.


Peserta Lomba Cipta Menu Pangan Olahan erba Baku Lokal Tingkat Provinsi Tahun 2017 adalah Anggota Tim Penggerak PKK dari 35 kabupaten/kota yang telah berhasil meraih Juara I Lomba Cipta Menu serupa tingkat kabupaten/kota.

DEWAN JURI, dari :

  • Dekan Fakultas Teknologi Pangan USM, Ibu Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih, MP;
  • Fakultas Kedokteran Program Studi Gizi UNDIP, Ibu Etika Ratna Noer, S.Gz. M.Si;
  • Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah, Ibu Indah Sony Wigyarsono;
  • PHRI Jawa Tengah, Ibu Dra. Aletta Dewi Maria, M.Par;
  • APJI Jawa Tengah Ibu Probowati Udi.

 


Peserta diwajibkan menyusun dan menyajikan Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) yaitu Menu makan siang untuk keluarga. Dan menu tersebut adalah yang biasa disajikan oleh keluarga dan bukan merupakan menu istimewa pada saat lomba saja. Menu yang disusun dengan sentuhan kaidah B2SA tersebut disajikan untuk TRI WARGA (untuk 3 anggota keluarga) sbb :

  • Ayah usia 29 tahun
  • Ibu usia 27 tahun
  • Anak Laki-laki usia 5 tahun

Ketentuan umur dan jenis kelamin tersebut dipersyaratkan sebagai alat untuk mengukur Angka Kecukupan Gizi (AKG) bagi keluarga yang dimaksud.

Adapun bahan pangan sumber karbohidrat yang digunakan untuk menyusun menu tidak diperkenankan berasal dari beras dan terigu baik turunan maupun olahannya. Selain itu untuk bahan lainnya (sayur, buah, lauk pauk dan lainnya) juga tidak diperkenankan menggunakan bahan import.

Pemenang dinilai berdasarkan keseimbangan menu keluarga sesuai porsi, kreatifitas pengembangan resep pangan lokal, penampilan dan cara penyajian, cita rasa, aplikatif untuk keluarga, aspek penggalian pangan lokal, serta keamanan pangannya.

Berikut Para Pemenang Lomba Cipta Menu Pangan Olahan Berbahan Baku Lokal Tahun 2017 berhak mendapat Uang Pembinaan, Trophy dan Piagam

Juara I                  : Tim Penggerak PKK Kabupaten Semarang , dengan Uang Pembinaan Rp. 7.000.000,-                                  

Juara II                 : Tim   Penggerak   PKK   Kota   Semarang ,  dengan Uang Pembinaan Rp. 6.000.000,-                                                 

Juara III                : Tim  Penggerak  PKK Kabupaten Boyolali , dengan Uang  Pembinaan Rp. 5.000.000,-                                                     

Juara Harapan I     : Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo,  dengan Uang pembinaan Rp. 3.500.000.-

Juara Harapan II    : Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten , dengan Uang Pembinaan Rp. 2.500.000,-

Juara Harapan III   : Tim Penggerak PKK Kab. Banjarnegara , dengan Uang Pembinaan Rp. 2.000.000,-

Untuk Juara I berhak mewakili Provinsi Jawa Tengah yang akan maju pada Lomba Cipta Menu Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian bertepatan dengan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Nasional, yang direncanakan akan dilaksanakan di Pontianak Kalimantan Barat sekitar Bulan Oktober 2017