16 15:14:45 SEPTEMBER 2015 Jona Admin BKP Jateng

Pisang termasuk jenis buah yang banyak dikonsumsi. Kandungan nutrisinya beragam, termasuk diantaranya serat, potasium, magnesium, zat besi serta vitamin C dan B6. semua orang sudah pasti mengenal pisang baik di kebun , warung , pasar tradisional maupun di mini market dan lain lain. Pisang itu kaya gizi dari pada buah Apel. Pisang juga dapat menjadi alternatip penunda Lapar yang dapat mengembalikan Energi.Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.

Makan pisang membantu memerangi depresi, menjaga perut bergerak teratur, membantu mengatasi rasa mulas, menurunkan resiko kanker, ginjal, diabetees, osteoporosis dan kebutaan.

Menurut badan pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA), pisang dapat menurunkan tekanan darah serta mencegah serangan jantung dan stroke. Pisang juga membantu menurunkan depresi dan gejala pre menstruasi (PMS). Pisang punya kadar tryptophan tinggi yang dapat berubah menjadi serotonin neurotransmiter yang memperbaiki mood dan suasana hati.

Kandungan serat yang tinggi juga membuat pisang bisa menyediakan hampir 10 persen dari kebutuhan serat. Konsumsi serat tinggi membuat perut terasa penuh dan merununkan keinginan  untuk ngemil. Pisang juga bagus untuk tulang meski kandungan kalsiumnya tidak tinggi.  Buah berwarna kuning ini mengandung fructooligosaccharida melimpah yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium (Live Science)