16 APRIL 2015 Admin Website BKP jateng

Lembaga Masyarakat Desa Hutan merupakan bagian dari pedesaan yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Lokasi LMDH berada didesa hutan yaitu desa yang memangku dan berdekatan dengan wilayah perhutani. Di Jawa Tengah terdapat 1.900 desa hutan yang sampai saat ini belum semua desa tersebut memanfaatkan pekarangan secara optimal sebagai sumber pangan. Pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan di LMDH dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota penerima manfaat. Integrated Farming System (IFS) atau Sistem Pertanian Terpadu (SPT) di kawasan hutan negara dengan memadukan aspek kehutanan, pertanian, peternakan, dan pengolahan pasca panen. Pengembangan system pertanian ini lebih diarahkan pada wilayah perdesaan atau dengan modifikasi tertentu dapat dikembangkan di wilayah kawasan hutan dan terintegrasi dengan wilayah perdesaan.  Dalam mendukung kedaulatan pangan dilaksanakan pula optimalisasi sumberdaya lokal melalui pemberdayaan kelompok wanita tani dalam mengelola lahan sebagai sumber pangan keluarga, yaitu melalui pengembangan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral dalam rangka mendukung hidup sehat, aktif dan produktif melalui pengembangan pola konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) yang ideal.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Mendukung Pertanian Terpadu di LMDH adalah untuk memberdayakan masyarakat sekitar hutan melalui pemberdayaan kelompok wanita tani dalam mengelola lahan sebagai sumber pangan keluarga, mengidentifikasi potensi sumberdaya alam di dalam kawasan hutan dan di sekitar kawasan hutan, meningkatkan pengetahuan masyarakat sekitar hutan dengan melalui alih  teknologi pengolahan lahan untuk pertanian dan kehutanan, meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar hutan, serta memberdayakan kelompok wanita tani didesa hutan agar mampu mengelola pekarangan secara optimal sebagai salah satu sumber pangan keluarga.

Pada tahun 2015 ini, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jateng mengalokasikan anggaran Rp. 163.490.000 dilaksanakan untuk pelatihan, pemberian stimulan untuk percontohan serta pembinaan dan pendampingan untuk 8 LMDH di 6 kabupaten yaitu: 


 

Dari kegiatan ini diharapkan nantinya Kelompok wanita tani didesa hutan mampu mengembangkan potensi dalam mengoptimalkan sumberdaya pangannya mulaai dari budidaya, penanganan pasca panen, pengolahan dan pemasaran.