06 JUNI 2016 Jona Admin PPID BKP Jateng

Dalam rangka promosi Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP), Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan kegiatan Pameran Pangan Lokal Berbasis Sumberdaya Wilayah 2016 yang dilaksanakan pada pameran “Moslem Fashions Art & Halal Expo” di Mall Ciputra, Simpang Lima Semarang 1-5 Juni 2016. Sasaran dari pameran ini adalah masyarakat segala segmen dan usia terutama di sekitar Kota Semarang. Tempatnya yang strategis tersebut memungkinkan promosi dan sosialisasi produk halal ini tersampaikan dengan baik.

Pembukaan pameran oleh Kepala Dinperindag Jawa Tengah, Priyo Anggoro didampingi Ketua Umum Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono. Turut hadir pula Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah, Ahmad Rofiq. Pameran Kadin Jawa Tengah dengan tema halal ini merupakan yang pertama diselenggarakan yang bertujuan mendorong UMKM mengembangkan pasar melalui produk halal, yang pada akhirnya akan memberikan jaminan keamanan pada pangan yang dikonsumsi masyarakat.


 

Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menampilkan produk-produk pangan lokal yang telah bersertifikat halal seperti aneka olahan labu kuning/waluh (pia, eggroll,geplak), aneka keripik (pare, dendeng daun singkong, stik tongkol, bebi crispy), beras mutiara yaitu beras analog yang terbuat dari mocaf dan jagung, mie sayur, dan masih banyak lainnya hasil dari UKM pengolah pangan lokal di Jawa Tengah.

Para pelaku usaha di bidang makanan dan minuman diwajibkan mendaftarkan sertifikasi halal untuk produknya yang akan edar di pasaran demi kenyamanan dan kepastian konsumen mengenai produk yang dipasarkan. Persoalan halal ini sudah ada di dalam UU No 33 tahun 2014 tentang jaminan produk halal dan masih butuh penjabaran regulasi supaya bisa berlaku dan berjalan dengan baik.

Melalui pameran ini, diharapkan semakin banyak UMKM pengolah pangan lokal yang termotivasi untuk mempunyai sertifikat halal sehingga produknya lebih diminati oleh konsumen dan dapat menembus pasar yang lebih luas serta dapat bersaing dengan produk pabrikan.