11 08:22:17 NOVEMBER 2015 Admin Website BKP jateng

Jakarta 8 Nopember 2015. Dalam rangka bulan mutu hasil pertanian tahun 2015 Kementerian Pertanian menyelenggaran pameran Produk Hasil Pertanian Bersertifikat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada tanggal 8 Nopember 2015. Tema peringatan bulan mutu hasil pertanian tahun 2015 “Tingkatkan mutu dan daya saing produk pertanian nusantara untuk menunjang kemandirian pangan”

Produk Pangan Segar Hasil Pertanian dari Provinsi Jawa Tengah siap menghadapi diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada akhir 2015, karena produk pangan segar (Buah dan Sayur) dari Jawa Tengah mempunyai mutu yang tidak kalah dengan produk luar negeri, akan tetapi pembinaan dan pengawasan produk pangan segar harus terus dilakukan sehingga produk yang dihasilkan tidak hanya mempunyau mutu yang baik tetapi juga memenuhi standart keamanan pangan.

 Dengan meningkatnya mutu dan daya saing produk pertanian maka dapat membangkitkan kembali sektor pertanian yang akhir-akhir ini sudah tidak menjadi pilihan bagi generasi muda kita, dengan bangkitnya usaha di sektor pertanian maka usaha di sektor ini akan mampu menjadi mengungkit pertumbuhan ekonomi di pedesaaan. Di Provinsi Jawa Tengah beberapa produk pertanian yang sudah di Sertifikasi atau di Registrasi oleh Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Provinsi Jawa Tengah sudah berhasil di eksport ke Negara lain dinataranya Salak, Melon orange, Beras (dengan jenis dan kualitas tertentu), dan berbagai jenis Sayuran segar.

Dampak dari Sertifikasi dan Registrasi Produk Pangan Segar Hasil Pertanian yaitu mampu meningkatkan mutu dan keamanan pangan, sebagai dampak lanjutan yaitu meningkatkan daya saing, membuka pasar produk dalam negeri, menangkal import produk pangan segar serta mewujudkan kemandiran pangan nusatara.