16 15:07:11 JUNI 2015 Admin Website BKP jateng

Ungaran - Selasa ( 16/06/15 ) Seperti tahun sebelumnya, BKP Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar pasar murah pangan menjelang datangnya bulan Ramadhan. Acara yang dibuka oleh Plh. Sekda Provinsi Jawa Tengah, Asisten Ekonomi

dan Pembangunan mewakili Gubernur Jawa Tengah berlangsung Hari Selasa (16/06) bertempat di halaman Kantor BKP Provinsi Jawa Tengah.

“Acara pasar murah yang diselenggarakan oleh BKP tahun ini rencana dilaksanakan sebanyak 4 kali. Setelah acara pasar murah hari ini selanjutnya akan diselenggarakan di Kota Surakarta kerjasama dengan Pemkot Surakarta tanggal 23 Juni 2015, di Kota Semarang tanggal 2 Juli 2015 dan terakhir di Bakorwil di luar Kota Surakarta dan Kota Semarang menjelang Idul Fitri, “jelas Kepala BKP Provinsi Jawa Tengah, Ir. Whitono, MSi selaku ketua penyelenggara.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Tengah, yang disampaikan oleh Plh. Sekda Provinsi Jawa Tengah, Bapak Asisten Ekonomi dan Pembangunan, “Pasar murah pangan diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah melalui BKP Provinsi Jawa Tengah untuk membantu masyarakat memperoleh akses kepokmas dan kebutuhan lain menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yaitu bulan puasa dan Idul Fitri dengan harga yang terjangkau mengingat beban masyarakat yang semakin bertambah”.

Pada pasar murah kali ini diikuti oleh 68 Stand terdiri dari 50 stand pangan dan 18 stand non pangan, partisipasi dari:

  1. Dinas Lingkup Pertanian Provinsi Jawa Tengah (Dinpertan dan TPH, Dinakeswan, Dinbun dan Setbakorluh);
  2. Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah;
  3. Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah;
  4. Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah;
  5. Kantor Ketahanan Pangan Kota Semarang dan Kabupaten Semarang;
  6. BULOG Divre IV Jawa Tengah;
  7. Kelompok-kelompok binaan BKP Provinsi Jawa Tengah;
  8. Swasta (Carefour, Sinarmas, Coca cola, dll

Pada pasar murah ini disediakan paket gratis, paket subsidi dan paket umum yang dijual murah, antara lain:

  1. BKP Provinsi Jawa Tengah menyediakan 220 paket gratis senilai Rp 66.750,-/paket (beras 3 Kg, minyak goreng 1 liter, dan gula 2 Kg) dan 900 paket (beras 5 Kg, minyak goreng 1 liter, dan gula 2 Kg) dengan harga tebus Rp 50.000,- (disubsidi Rp 36.750,-/ paket)
  2. Dinperindag Provinsi Jawa Tengah menyiapkan 200 paket subsidi (beras 2,5 Kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 Kg, mie 5 buah dan kecap 135 ml) dengan harga tebus Rp 30.000,- (subsidi Rp 34.000,-)
  3. Dinkes Provinsi Jawa Tengah menyiapkan 100 paket sembako disubsidi
  4. SKPD lainnya: telur subsidi, ikan subsidi dan produk lain yang dijual murah
  5. Bulog: sembako murah
  6. Kelompok-kelompok binaaan BKP dan swasta dengan paket umum yang dijual murah.

 

Warga sangat antusias dengan adanya pasar murah ini. Mereka mengaku sangat senang, selain memperoleh paket gratis mereka dapat membeli sembako dengan harga yang lebih murah dibanding yang di jual pengecer di pasar.