16 OKTOBER 2015 Jona Admin Website

Ungaran   12-13 Oktober 2015 , Pelatihan  Manajemen Pemberdayaan Lumbung Pangan ini  diberikan kepada seluruh Pengurus Lumbung  yang akana menerima bantuan stimulant bahan pangan ( Gabah )  yang difasilitasi dari sumber dana APBD Provinsi Jawa Tengah sebanyak 40 kelompok, yang tersebar di 20 Kabupaten dan 1 Kota di Jawa Tengah. Masing masing kelompok diwakili oleh 3 ( tiga ) Orang Anggota Pengurus.

Untuk memudahkan para peserta dan agar pelatihan ini lebih dapt berdayaguna maka pelaksanaan pelatihan dilaksanakan dalam 3 ( tiga ) Angkatan.  Angkatan Pertama sudah terlaksana pada  tanggal 8-9 Juni 2015 di Magelang dengan peserta 40 Orang yang bersasal dari Kab upaten  Banyumas ,Purbalingga , Ungaran , Kebumen , Wonosobo , Cilacap dan Kota Salatiga. Untuk Angkatan kedua sudah terlaksana pada tanggal 12 -13 September di Kendal yang di ikuti 42 Orang perwakilan pengurus Lumbung dari Kabupaten , Brebes , Tegal , Pekalongan , Pemalang , Ungaran dan Demak . Sedangkan untuk angkatan ketiga ini di Laksanakan di Ungaran dan diikuti 36 Orang perwakilan pengurus Lumbung dari  7 ( tujuh ) Kabupaten yaitu dari : Kudus , Rembang , Jepara , Sragen , Wonogiri , Boyolali dan Kabupaten Semarang.

Dalam UU Nomor 18 tahun 2012 Menegaskan Bahwa untuk mewujudkan kedaulatan pangan , Kemandirian Pangan , dan ketahanan pangan Pemerintah menetapkan Cadangan Pangan Nasional.

Cadangan Nasional ini terdiri dari Cadangan pangan Pemerintah ( Pusat ), Cadangan  pangan Pemerintah Daerah , dan Cadangan Pangan Masyarakat.Cadangan  pangan Pemerintah diadakan untuk menanggulangi kekurangan pangan, gejolak harga pangan , bencana alam , bencana sosial , dan menghadapi keadaan darurat.  Sedangkann Cadangan pangan masyarakat dipergunakan untuk menggulangi kondisi rawan pangan transien ( sementara) dilingkungan Rukun Tetangga.

Pada Pelatihan  Manajemen Pemberdayaan Lumbung Pangan ini telah i sampaikan materi materi tentang :

  1. Kebijakan Pembangunan Cadangan Pangan Masyarakat
  2. Manajemen Pemberdayaan Lumbung Pangan Masyarakat
  3. Pengelolaan dan Perawatan bahan pangan Gabah/Beras di Gudang Lumbung.
  4. Cadangan Pangan Pemerintah Desa , CCPD
  5. Pembentukan Koperasi Lumbung Pangan

Tujuan dari  Pada Pelatihan  Manajemen Pemberdayaan Lumbung Pangan ini yaitu

  1. Meningkatkan kemampuan pengurus kelompok lumbung dalam mengelola pangan  Masyarakat.
  2. Memberikan bekal ilmu dan ketrampilan manajemen teknis pergudangan dan pemeliharaan komoditi Pangan ( Gabah )
  3. Membuka pelauang pasar dengan kemitraan antara kelembagaan Lumbung dengan lembaga Pemerintah/ Swasta

Sasaran dari pelatihan ini yaitu :

  1. Meningkatnya kemampuan pengurus kelompoklumbung dalam mengelola cadangan pangan masyarakat
  2. Bertambahnya Ilmu dan Ketrampilan teknis pengurus/pengelola lumbung dalam mengelola komoditi pangan sesuai standart pergudangan
  3. Terbukanya kemungkinan pengembangan pasar dengan kemotraan antara kelembagaan Lumbung dengan Pemerintah/Swasta
  4. Terbentuknya Koperasi Lumbung.

Melalui Pelatihan management pemberdayaan lumbung ini di harapkan terjadi persamaan persepsi terhadap pelaksanaan progam peningkatan kesejahteraan petani melalui kegiatan pendidikan kemasyarakatan dan fasilitasi lumbung pangan. selanjutnya akan terbentuk pola peningkatan kemampuan semberdaya manusia pengelola lumbung, Optimalisasi sumberdaya yang tersedia  dan penguatan kapasitas kelembagaan lumbung pangan .