Notice: Undefined offset: 2 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120

Notice: Undefined offset: 1 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120
2015-04-27 13:55:03 Admin Website BKP jateng

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan wawasan kelompok afinitas olahan pangan untuk ikut serta dalam mendukung pembangunan ketahanan pangan wilayah, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Pendidikan Kemasyarakatan ”Pelatihan Perencanaan Partisipatif bagi Kelompok Afinitas Olahan Pangan Desa Mandiri Pangan pada tanggal 23-24 April 2015 di Rumah Ketela, Dusun Ngaran, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kaum perempuan diharapkan dapat terlibat mulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.

Proses perencanaan partisipatif merupakan perencanaan dari, oleh dan untuk masyarakat sendiri, masyarakat tidak lagi sebagai obyek pembangunan, tetapi juga subyek pembangunan. Masyarakat diminta partisipasi dan keterlibatannya dalam menentukan program-program pembangunan, dimana mekanisme partisipasi dilakukan melalui forum perencanaan secara berjenjang mulai dari Musrenbang Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi hingga Nasional.

Pelatihan dibuka oleh Kasubag Program Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, disampaikan beliau bahwa dengan melihat fakta dan kondisi di lapangan, menggali dan memanfaatkan potensi-potensi yang ada serta kemampuan diri, maka diharapkan dapat ditentukan perencanaan baik dari tujuan program pembangunan ketahanan pangan wilayah, strategi yang akan dilakukan, serta mengestimasi biaya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Selain untuk peningkatan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan, pelatihan ini juga memberikan beberapa alternatif inovasi pengembangan usaha yang akan disampaikan oleh Narasumber, baik dari Pemerintah, Akademisi, Pendamping serta langsung dari Pelaku Usaha.

Pelatihan pada hari kedua diisi dengan praktek pengolahan pangan lokal dengan narasumber pelaku usaha yaitu Bu Ida Sutomo pemilik Rumah Ketela, Borobudur Magelang. Beliau mengangkat potensi pangan lokal dengan mengembangkan berbagai makanan olahan berbahan baku serba ketela. Peserta sangat antusias mengikuti praktek pengolahan pangan lokal yaitu pie mocaf, cake bolu gulung mocaf, egg roll mocaf dan ice cream ubi ungu.  Selama pelatihan berlangsung panitia menyediakan konsumsi untuk peserta dengan pangan lokal antara lain: nasi jagung, lontong yang terbuat dari beras, jagung dan ketela, mie jagung dan sayur, serta berbagai macam snack berbahan baku lokal. Hal ini merupakan langkah nyata untuk mewujudkan kedaulatan pangan yang dimulai dari menentukan sumber pangan sendiri dengan bahan baku lokal, meningkatkan citra dan penampilan pangan lokal dalam konsumsi sehari-hari.