15 11:52:53 MARET 2018 Jona Admin PPID DISHANPAN JTG

Tim JKPD Provinsi Jawa Tengah hadir melakukan pengawasan keamanan pangan di Kabupaten Pekalongan, Selasa (13/3). Pengawasan kali ini dilaksanakan di Pasar Bojong, salah satu pasar tradisional yang dibangun atas kerjasamakementerian Perdagangan RI dan Pemkab Pekalongan. Pengawasan Keamanan pangan Tim JKPD Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam rangka menjamin keamanan yang beredar.



Tim yang diwakili oleh Dinas Ketahanan Pangan, Balai Besar POM Semarang, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Kelautan dan Perikanan, DinasPerindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Biro Infrastruktur dan Sumberdaya Alam SETDA Provinsi Jawa Tengah melakukan pengambilan sampel pangan segar dan olahan. Selanjutnya dilakukan pengujian beberapa sampel yang diambil melalui uji cepat (Rapid Test Kit).





Hasil uji menunjukkan indikasi adanya cemaran residu pestisida pada 5 sampel pangan segar asal tumbuhan yang diambil yaitu cabai merah, daun bawang, tomat, kacang panjang dan semangka. Krupuk usek merah terindikasi positip mengandung rhodamin B dan rambak merah merk M*****
terindikasi mengandung borak. Sampel yang terindikasi mengandung cemaran kimia dan biologi ditindaklanjuti dengan pengujian laboratorium untuk memastikan kandungan cemarannya secara kuantitatif. 

cc : Keamanan Pangan DISHANPAN