Notice: Undefined offset: 2 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120

Notice: Undefined offset: 1 in /home/dishanpan/public_html/libraries/php/default.php on line 120
2015-11-03 09:38:07 Jona Admin Website BKP Jateng

Badan Ketahanan Pangan mengadakan Rapat Koordinasi  Pelaksanaan Integrated Farming dengan mengundang Instansi  yang menangani Ketahanan Pangan  di 12 Kabupaten yang mendapat kegiatan integrated farming. Selain itu, hadir pula unsur Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di 17 KPH yang tersebar di 12 Kabupaten. Rapat koordinasi ini merupakan langkah awal; dalam persiapan kegiatan optimalisasi pemanfaatan pekarangan yang mengambil lokai di LMDH pada 12 kabupaten. Adapun lokasi pelaksanaannya meliputi: Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purworejo, Magelang, Tegal, Pemalang, Blora, Rembang, Grobogan, Pati, dan Karanganyar.

Rapat koordinasi yang berlangsung pada tanggal 29 Oktober 2015 dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan agenda membahas tentang kesiapan calon lokasi penerima bantuan percontohan optimalisasi pemanfaatan pekarangan di LMDH termasuk kondisi kelompok serta usulan jenis bantuan yang akan diterima oleh kelompok. Rapat dibuka oleh Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Ir. Sri Sularsih, MM yang dalam sambutannya memberikan arahan bahwa kegiatan ini harus dapat bermanfaat bagi masyarakat penerima bantuan. Selain sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat yang beragam, bergizi seimbang dan aman juga diharapkan mampu mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk konsumsi pangan sehari-hari.

Selain pemberian bantuan, kelompok juga akan diberikan pelatihan seperti pelatihan budidaya tanaman sayuran dan pemeliharaan ayam buras. Dari hasil kesepakatan antara peserta rakor, jadwal pelatihan dan bantuan akan dilaksanakan selama bulan November karena diperkirakan sudah memasuki musim penghujan sehingga dapat dimanfaatkan oleh penerimanya. Bantuan yang akan diberikan kepada kelompok berupa benih tanaman sayuran yang biasa dikonsumsi sehari-hari seperti benih bayam, cabai, terong, kangkung, kacang panjang, pupuk kandang serta bibit buah seperti buah pepaya dan jambu biji kristal yang cepat berbuah. Selain pemberian paket benih sayuran dan tanaman buah-buahan, diberikan pula bantuan berupa benih ayam buras beserta pakan. Pemilihan ayam untuk diberikan kepada kelompok karena mudah dipelihara dan dapat menghasilkan berbagai macam hasil yang berkontribusi terhadap peningkatan konsumsi pangan hewani yaitu dari hasil telur dan dagingnya.