19 13:58:57 APRIL 2018 Admin PPID DISHANPAN

Lahan Pertanian merupakan salah satu modal pokok dalam kegiatan produksi pangan. Semakin maraknya alih fungsi lahan pertanian menyebabkan semakin sempitnya lahan untuk kegiatan produksi pangan, berpotensi mengancam keberlangsungan ketersediaan pangan wilayah. Upaya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mendorong petani agar termotivasi dalam mempertahankan dan tidak mengalihfungsikan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) adalah dengan memberikan Penghargaan bagi Kelompok Tani Berprestasi Tinggi Pengelola LP2B. Penghargaan ini bertujuan memberikan apresiasi bagi petani untuk mempertahankan, tidak mengalihfungsikan dan mengoptimalkan pemanfaatan LP2B yang telah ditetapkan. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 2/2013 tentang Perlindungan LP2B Provinsi Jawa Tengah dan Pergub Jawa Tengah No. 61/2015  tentang Kriteria Dan Tata Cara Penilaian Kepala Daerah Dan Petani Berprestasi Tinggi Pengelola Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.




Sebagai persiapan pelaksanaan pemberian penghargaan Tahun 2018, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Sosialisasi Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) kegiatan dimaksud pada Hari Selasa, 17 April 2018 dengan peserta instansi ketahanan pangan kabupaten/kota se Jawa Tengah. Tujuan pertemuan adalah memberikan penjelasan tentang Petunjuk Pelaksanaan, koordinasi pelaksanaan jadwal penyelenggaraan serta sekilas tentang LP2B Provinsi Jawa Tengah. Juklak tersebut menjadi acuan dan pedoman dalam pemberian penghargaan bagi peserta maupun tim penilai, termasuk di dalamnya memuat persyaratan, mekanisme pengusulan dan penilaian.


Dalam mengajukan calon penerima, setiap kabupaten hanya dapat mengirimkan 1 wakil saja. Usulan dari kabupaten/kota masuk ke Panitia (Sekretariat Dewan Ketahanan Pangan Prov. Jateng) paling lambat 31 Mei 2018 (stempel pos). Verifikasi administrasi dan lapangan dimulai tanggal Minggu kedua Juni dan selambatnya Minggu kedua Juli 2018 telah ditetapkan Berita Acara Pemenang oleh Tim Penilai untuk selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Gubernur. Penghargaan yang akan diterima antara lain : piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan. Penyerahan penghargaan pada Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah, 15 Agutus 2018.  

 

MATERI 

Juklak LP2B Klik Disini

Sosialisali Juklak LP2B Klik Disini