12 13:05:34 JULI 2016 Jona Admin PPID BKP Jateng

Adhikarya Pangan Nusantara (APN), penghargaan tertinggi di bidang pangan yang diberikan oleh pemerintah sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi dan partisipasi petani/kelompok tani, masyarakat umum dan aparat dalam mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan. Sebagai persiapan pelaksanaan APN yang sudah menjadi agenda rutin tahunan, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Sosialisasi APN Provinsi Jawa Tengah pada Hari Selasa, 21 Juni 2016 dengan peserta SKPD terkait lingkup Provinsi Jawa Tengah dan instansi ketahanan pangan kabupaten/kota se Jawa Tengah, dengan tujuan antara lain penjelasan tentang pedum APN dan koordinasi pelaksanaan jadwal penyelenggaraan.

Calon penerima APN terdiri dari 5 (lima) kategori yaitu: Pelopor Ketahanan Pangan; Pemangku Ketahanan Pangan; Pelaku Ketahanan Pangan; Pelayanan Ketahanan Pangan; dan Pembina Ketahanan Pangan (Kepala  Desa, Bupati/Walikota dan Gubernur) dengan syarat telah melaksanakan kegiatan/menjabat minimal selama 3 tahun. Berbeda dengan tahun 2015 dimana untuk Kepala Daerah (Bupati/Walikota dan Gubernur) yang dipilih langsung oleh DKP Pusat berdasarkan data pencapaian Upsus Pajale (top down), tahun ini Kepala Daerah dicalonkan dari masing-masing daerah (bottom up) dengan memperhatikan upaya-upaya perwujudan Kedaulatan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Ketahanan Pangan. Untuk kriteria dan persyaratan pengajuan calon penerima APN dapat dilihat dalam Pedum Penghargaan APN pada website bkp.jatengprov.go.id

Yang perlu diperhatikan dalam pengiriman profil dan persyaratan peserta lomba APN, antara lain Lembar Rekomendasi/Pengajuan dari Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten/Kota; Profil keberhasilan usaha/kegiatan dan dampak kegiatan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, Surat Keterangan Berkelakukan Baik untuk kategori pelopor, pemangku, pelayanan, pelaku (ketua kelompok) dan pakta integritas bebas korupsi atau tindak pidana lainnya untuk kategori pembina ketahanan pangan. Khusus bagi calon dari kategori pelopor dan pemangku yang diusulkan secara langsung oleh kelompok masyarakat/organisasi kemasyarakatan harus disertai dengan rekomendasi dari instansi terkait di kabupaten/ kota dan ditembuskan kepada Sekretaris DKP provinsi.

Dalam mengajukan calon penerima, setiap kabupaten hanya dapat mengirimkan 1 wakil saja untuk setiap kategori. Usulan dari kabupaten/kota masuk ke Panitia (BKP Provinsi) paling lambat 13 Juli 2016. Verifikasi administrasi dan lapangan dimulai tanggal 25 Juli s.d. 5 Agustus 2016 dan selambatnya tanggal 12 Agustus 2016 telah ditetapkan Berita Acara Pemenang. Tahun 2015 yang lalu Provinsi Jawa Tengah berhasil mendapatkan penghargaan APN Nasional untuk kategori Pembina (Gubernur dan Bupati Pati), kategori Pelaku dan kategori Pelayanan Ketahanan Pangan, diharapkan tahun 2016 ini Jawa Tengah dapat mempertahankan prestasi dan bahkan lebih meningkat lagi.