LAYANAN SERTIFIKASI DAN PENDAFTARAN PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN DALAM TATANAN NORMAL BARU

LAYANAN SERTIFIKASI DAN PENDAFTARAN PANGAN SEGAR ASAL TUMBUHAN DALAM TATANAN NORMAL BARU

Dalam rangka menjalankan tugas dan fungsinya di dalam era pandemi Covid-19, Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Jawa Tengah terus melakukan inovasi agar pelayanan sertifikasi dan pendaftaran PSAT dapat berjalan. Menurut Diah N. F (2014), inovasi adalah pembaharuan/ kreativitas/ ciptaan baru yang mampu memberikan nilai tambah (value added). Dalam konteks pelayanan publik, inovasi bisa diartikan sebagai pembaharuan/ kreativitas/ciptaan baru dalam pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas layanan. OKKPD Jateng, sebagai salah satu Unit Pelayanan Publik melaksanakan pembaharuan prosedur pelayanan dengan menyesuaikan kebijakan pemerintah terkait pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Menindaklanjuti Surat Plt. Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Nomor: B-114/KN-230/J.4/04/2020 Tanggal 06 April 2020, Dinas Ketahanan Pangan selaku Ketua OKKPD Jawa Tengah mengeluarkan kebijakan bahwa Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Jawa Tengah sebagai institusi yang melakukan pelayanan publik berupa sertifikasi dan pendaftaran Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dapat tetap memberikan pelayanan pendaftaran PSAT PD dan Health Certificate (HC). Pelayanan publik wajib dikelola oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam manajemen birokrasi yang bersifat apolitik, mengefektifkan kualifikasi yang bersifat spesialisasi, dan mendorong terciptanya koordinasi yang lebih luas, efektif dan efisien, sehingga dapat menjadi pusat keunggulan dari pelayanan publik itu sendiri (Wardani, A.K., 2019). Pelayanan OKKPD Provinsi Jawa Tengah dilakukan melalui mekanisme penilaian jarak jauh atau lewat media teknologi lain. Hal ini merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan publik yang dilaksanakan OKKPD Jateg. Inovasi pelayanan publik menurut WArdhani, A.K. (2019) harus melibatkan pemanfaatan dari teknologi informasi dan komputerisasi yang berkaitan dengan layanan yang bersifat daring. Pelayanan secara online mulai dilaksanakan sejak diterbitkannya SK Kepala Dinas Ketahanan Pangan selaku Ketua Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 027/0879 yang mengatur penugasan bagi inspektor, petugas pengambil contoh (PPC) dan reviewer dalam melaksanakan pelayanan pendaftaran PSAT jarak jauh.

Mekanisme pendaftaran diawali dengan pengajuan surat permohonan. Namun, penerimaan surat permohonan yang sebelumnya dilaksanakan secara tatap muka, kini dapat dilayani baik melalui email maupun jasa layanan ekspedisi surat. Pemohon yang mengalami kesulitan dalam melengkapi dokumen administrasi dan teknis bias memperoleh bimbingan dan panduan melalui konsultasi online dengan petugas.

Dokumen administrasi dan teknis yang diterima oleh OKKPD Jateng selanjutnya akan direview untuk menilai kelengkapannya. Hasil review dokumen, persiapan inspeksi dan pengambilan contoh, pada masa pandemi Covid ini, selanjutnya dikomunikasikan kepada pemohon melalui mekanisme daring. Demikian juga proses inspeksi dan pengambilan contohnya. Meskipun dilaksanakan melalui mekanisme pelayanan jarak jauh, baik inspektor maupun reviewer tetap memastikan bahwa pemohon menerapkan Higiene Sanitasi di lokasi usaha sesuai standar. Pedoman Teknis Pendaftaran PSAT yang diterbitkan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI menetapkan bahwa bagi Pelaku Usaha Menengah dan Besar wajib memenuhi standar penerapan level hiegiene sanitasi pada level II agar dapat dilanjutkan proses pendaftaran PD. Untuk memberikan jaminan keamanan pangan atas PSAT yang didaftarkan, dilakukan pengambilan contoh jarak jauh yang dipandu Petugas Pengambil Contoh kompeten sesuai dengan prosedur pengambilan sampel padatan.

Baik pelaku maupun petugas dapat saling bersinergi dan bekerjasama sehingga layanan pendaftaran PSAT Produk Dalam Negeri  atau yang dikenal dengan istilah nomor Kemtan PD tetap berjalan. Untuk mendapatkan informasi pelayanan sertifikasi dan pendaftaran PSAT, pemohon dapat mengakses informasi pada website dishanpan jateng, http://dishanpan.jatengprov.go.id/, atau melalui media sosial dishanpan lainnya https://www.instagram.com/dishanpan/ dan kontak telepon pada nomor (024) 6921972 (Penulis : Listya Puspitasari, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah).

Daftar Pustaka :

Diah N.F. 2014. Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Deskriptif tentang Inovasi Boarding Pass  System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kereta Api PT KAI di Stasiun Gubeng Surabaya).Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik.Volume 2 Nomor 1 Januari 2014. diakses melalui http://www.journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp3c8840fbddfull.pdf pada 17 September 2020.

Wardani, A.K. 2019. Urgensi Inovasi Pelayanan Bidang Administrasi Publik Di Era Disrupsi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara. Volume 6. Nomor 2 Tahun 2019. Diakses melaluihttps://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/2258 pada 17 September 2020.