Renstra Badan Ketahanan Pangan merupakan dokumen perencanaan jangka menengah SKPD yang dalam penyusunannya berpedoman pada RPJMD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013–2018.  Renstra ini akan dijabarkan dalam Rencana Kerja (Renja) Badan Ketahanan Pangan sebagai dokumen perencanaan tahunan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah yang memuat prioritas program dan kegiatan. Sistematika penulisan Renstra Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013-2018 terdiri dari 7 (tujuh) bab. Secara garis besar, tiap-tiap bab menguraikan hal-hal sebagai berikut :

Bab I. Pendahuluan
Bab ini menguraikan latar belakang, landasan hukum penyusunan, maksud dan tujuan, sistematika penulisan.

Bab II. Gambaran Pelayanan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah
Bab ini memaparkan tugas, fungsi dan struktur organisasi, sumber daya, kinerja pelayanan serta tantangan dan peluang pengembangan pelayanan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.

Bab III. Isu-Isu Strategis Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi
Bab ini  terdiri dari uraian tentang identifikasi permasalahan, telaah visi, misi dan program kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang terkait dengan tugas dan fungsi Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, faktor penghambat dan pendorong pelayanan yang mempengaruhi permasalahan pelayanan, faktor penghambat dan pendorong pelayanan ditinjau dari implikasi RTRW serta penentuan isu-isu strategis.

Bab IV. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, Strategi dan Kebijakan
Bab ini menjelaskan visi dan misi jangka menengah Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah tahun 2013 – 2018. Pada bagian ini juga diuraikan tujuan dan sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan, dan hubungannya dengan isu strategis daerah.

Bab V. Rencana Program dan Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran, dan Pendanaan Indikatif
Bab ini memuat rencana program dan kegiatan, indikator kinerja, kelompok sasaran, dan pendanaan indikatif Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah untuk kurun waktu lima tahun.

Bab VI. Indikator Kinerja Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD
Bab ini memuat indikator kinerja Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah yang menunjukkan kinerja yang akan dicapai lima tahun mendatang untuk mendukung pencapaian tujuan dan sasaran RPJMD.

Bab VII. Penutup
Bab ini memuat kaidah pelaksanaan yang meliputi penjelasan Renstra Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Penguatan peran stakeholders dalam pelaksanaan renja, dasar evaluasi dan laporan pelaksanaan atas kinerja tahunan dan lima tahunan, catatan dan harapan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah.

Selengkapnya

smileyRENSTRA BKP JATENGsmiley
COVER
DAFTAR ISI
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
BAB VI
BAB VII